pisang-ilustrasi-penisTribunNews.com Semakin usia bertambah, semakin menurun pula fungsi fisiologisnya. Baik laki-laki maupun perempuan mengalaminya.

Pada laki-laki tua, salah satu masalah yang dihadapi adalah kemampuan ereksi si Mr P yang menurun dan terpaksa menggunakan obat perangsang. Lebih dari setengahnya, laki-laki di atas 50 tahun, telah mecoba obat perangsang, dan kurang dari setelahnya memperbarui resep obat tersebut.

Hal ini dikarenakan obat tidak bekerja seperti yang diharapkan dan efek samping yang mengganggu. Di sisi lain, ada cara lain untuk meningkatkan ereksi, yaitu dengan memiliki gaya hidup sehat dan konsumsi suplemen.

Namun, ereksi tergantung pada sistem saraf dan kardiovaskular yang sehat. Rangsangan seksual memicu sistem saraf untuk membuka arteri di penis, sehingga memungkinkan masuknya darah lebih banyak. Dan masalah neurologis dan kardiovaskular dapat mengganggu proses ini.

Psychology Today memaparkan bagaimana mengatasi masalah turunnya kemampuan ereksi:

  Merokok dan makanan berlemak

Sebut saja masalah merokok dan konsumsi makanan tinggi lemak hewani (sosis saat sarapan, pizza untuk makan siang, dan burger saat makan malam) merupakan “neraka” bagi sistem kardiovaskular.

Pasalnya mereka mengisi aliran darah dengan ion oksigen (“radikal bebas”) yang melukai dinding arteri dan memacu pembentukan lemak, kolesterol tinggi, dan “plak”. Seiring berjalannya waktu, plak tumbuh dan mempersempit arteri, membatasi aliran darah. Ketika plak menebal, lalu mempengaruhi arteri di jantung akan menyebabkan penyakit jantung dan “penurunan” kelamin.

Namun studi menunjukkan bahwa dibandingkan dengan populasi umum, perokok lebih banyak menderita disfungsi ereksi (DE). Studi lain menunjukkan bahwa peningkatan kadar kolesterol dapat meningkatkan risiko DE.

  Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Untungnya, penyebab radikal bebas dapat dicegah dengan nutrisi antioksidan, terutama vitamin A, C, dan E, dan mineral, selenium, dan zinc. Suplemen antioksidan dapat membantu, tetapi kita bisa mendapatkan antioksidan dari makanan seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Sebaiknya mengonsumsi lima porsi buah dan sayuran setiap hari. Banyak penelitian menunjukkan bahwa dengan meningkatnya konsumsi buah dan sayuran, menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker.

Penelitian lain menunjukkan, konsumsi makanan antioksidan berhubungan kepuasan seksual. Seiring dengan peningkatan asupan antioksidan, terjadi peningkatan aliran darah yang sehat ke seluruh tubuh, termasuk ke penis.

  Olahraga rutin

Olahraga rutin baik untuk menjaga kardiovaskular, karena bisa memompa darah ke penis. Sebuah studi UCLA menunjukkan saat tubuh semakin bugar, DE menurun. Para ahli merekomendasikan setidaknya olahraga sedang (jalan cepat, jogging) selama 30 menit setiap hari.

  Turunkan Berat Badan

Menurunkan dengan olahraga teratur dan konsumsi makanan kaya antioksidan merupakan hal dasar dari pengendalian berat badan secara permanen dan pencegahan diabetes. Studi di University Diet and Fitness Center menunjukkan bahwa penurunan berat badan sangat terkait dengan fungsi seksual yang lebih baik.

Studi lain menunjukkan bahwa diabetes merupakan faktor risiko utama untuk ED, dan gaya hidup sehat mencegah penyakit dan dapat mengembalikan fungsi ereksi.

  Batasi alkohol

Shakespeare menulis dalam karya Macbeth, alkohol “memprovokasi keinginan, namun menghilangkan kinerja.” Alkohol adalah depresan yang kuat. Meminuman satu gelas dapat berefek relaksasi.

Tetapi dua minuman pada satu kesempatan, saraf-saraf di kelamin mendapatkan “plester” dan tidak bisa berfungsi. Alkohol merupakan penyebab gangguan seksual “terkemuka” di dunia.

  Ginseng

Ginseng (Panax ginseng) dapat membuka arteri, termasuk yang membawa darah ke penis. Peneliti Korea memberikannya ke 90 orang penderita DE yang menggunakan tiga perlakuan: placebo, antidepresan (trazodone), atau ginseng.

Kelompok placebo dan antidepresan menunjukkan peningkatan ereksi 30 persen, sedangkan kelompok ginseng meningkat 60 persen. Ilmuwan Korea lain mengulangi penelitian ini, memberikan plasebo atau ginseng (2.700 mg per hari) kepada 45 laki-laki dengan ED. Setelah 8 minggu, kelompok ginseng melaporkan ereksi lebih kencang. Namun, 2.700 mg ginseng bisa menyebabkan kegelisahan dan insomnia.

  Pycnogenol

Pycnogenol merupakan senyawa yang ditemukan pada pinus maritim Perancis (Pinus pinaster), yang tumbuh di selatan Kanada. Beberapa studi menunjukkan bahwa dalam kombinasi dengan asam amino L-arginin dapat meningkatkan sintesis oksida nitrat yang memainkan peran penting dalam ereksi.

Studi lain menunjukkan bahwa pycnogenol membantu memulihkan ereksi. Dalam satu studi, 124 laki-laki penderita DE diberikan plasebo, pycnogenol, dan L-arginine (empat tablet per hari, 20 mg pycnogenol, 700 mg L-arginin). Setelah enam bulan, kelompok suplemen (pycnogenol) menunjukkan peningkatan yang sederhana tapi signifikan dalam ereksi, tanpa efek samping. (Agustina Rasyida)

Incoming search terms:

  • itil ngangkung
  • itil ereksi
  • foto itil ngangkung

Related posts: